Cara Belajar

Unknown | 00:35 | 0 komentar

Ada 10 Cara Belajar yang efektif
Kita semua memahami bahwa pembelajaran pasti terjadi selama hidup kita dan dalam semua segi/bentuk kehidupan ini. Masalahnya kemampuan seseorang untuk menyerap dan memiliki pengetahuan yang baru itu berbeda-beda. Apalagi pada zaman global seperti sekarang, di mana jumlah pengetahuan yang dapat diakses dan dipelajari sudah melebihi kapasitas manusia untuk menyerapnya.Artinya dengan keterbatasan waktu, tenaga, ingatan dan kemampuan lainnya, kita perlu memberi prioritas pada strategi pembelajaran yang dapat memberi kita hasil yang maksimal dalam waktu yang terbatas. Caranya seperti dibawah ini :
1.      Pelajari dasar-dasar peningkatan kemampuan ingatan :
Ada teknik-teknik tertentu yang dapat membantu kita untuk meningkatkan kemampuan mengingat, yang tentu saja akan bergantung pada daya ingat dan cara belajar seseorang. Beberapa hal yang bisa kita pelajari misalnya tehnik mind map, mnemonik dll.
2.      Pelajari dan terapkan hal-hal yang baru. Maksudnya ketika kita memperoleh ilmu yang baru kita tidak hanya mengingatnya, tetapi juga harus mempraktekkannya dalam kehidapan ini. Karna kalo hanya dengan mengingat kita pasti akan lupa hal itu.
  1. Belajar dengan cara yang berbeda. Jelas setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda, dengan kata lain menurut kenyamanan masing-maasing individu.
  2. Ajarkan apa yang sudah kita pelajari/ketahui pada orang lain. Dengan begitu kita bisa slalu ingat dan lebih memahami pengetahuan kita.
  3. Gunakan pengetahuan yang dulu untuk mempelajari hal yang baru.
  4. Praktekkan – cari pengalaman. Kita harus melakukan apa yang kita ketahui.
  5. Carilah jawaban dan bukan sekedar mengingat. Maksudnya kita bukan hanya membaca tetapi kita harus memahaminya.
  6. Pahami bagaimana cara terbaik untuk belajar. Maksudnya kita harus memahami diri kita sendiri cara/situasi seperti apa yang membuat kita memahami saat belajar.
  7. Gunakan ujian untuk meningkatkan pembelajaran. Kita memalukan tes terhadap diri kita / daya ingat kita dengan mengerjakan soal-soal.
  8.  Nah yang nomer 10 inilah yang paling penting dari semuanya!!!..yaitu saaat kita menemukan cara kita belajar yang tepat buat diri kita sendiri. Dimana kita bisa pahami dan meresapi apa yang kita dapatkan dari belajar kita.
Menurut kalian bagaimana dengan cara belajar ini? Bila masih ada kekurangannya tolong ditambahin ya J

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 komentar

Mohon kritik dan sarannya yang membangun zaw..., agar menjadikan ini lebih bermanfaat 