Advertisement

wawasan wiyata mandala


Pengertian wawasan wiyata mandala
A.    Arti Wawasan Wiyatamandala
·         Secara harfiah kata wawasan mengandung arti pandangan, penglihatan, tinjauan inderawi. Kata wawasan selain menunjukkan kegiatan untuk mengetahui isi, juga melukiskan cara pandang, cara lihat, cara tinjau, atau cara tanggap iderawi. Kata wiyata mempunyai arti pengajaran atau pendidikan, sedangkan mandala berati bulatan, lingkaran, lingkungan daerah, atau kawasan. Dengan demikian, Wawasan Wiyatamandala berati suatu pandangan atau tinjauan mengenai lingkungan pendidikan/ pengajaran.
Berdasarkan pokok pengertian di atas, dapat diartikan bahwa Wawasan Wiyatamandala adalah cara pandang kalangan pendidik pada umumnya dan perangkat/warga sekolah khususnya tentang keberadaan sekolah sebagai pengemban tugas pendidikan di lingkungan masyarakat.
·         Wawasan Wiyata Mandala adalah suatu pandangan atau sikap menempatkan sekolah sebagai lingkungan pendidikan. Suatu wawasan proses pembudayaan tata kehidupan keluarga besar, dimana para anggotanya merasa ikut memiliki, melindungi dan menjaga citra dan proses wibawa tersebut. Suatu lingkungan dimana terjadi proses koordinasi, proses komunikasi, tempat saling bekerja sama dan bantu membantu.
B.     Makna Wawasan Wiyatamandala
·         Untuk dapat melaksanakan daya upaya yang sebaik-baiknya serta demi keberhasilan proses pendidikan, diperlukan pandangan atau tinjauan yang sama dari seluruh warga sekolah amengenai sekolah sebagai alembaga pendidikan. Setiap warga sekolah wajib menjamin dan menyelenggarakan seluruh proses pendidikan di sekolahnya. Kesatuan pandang yang disebut Wawasan Wiyatamandala merupakan kebijakan di lingkungan (Mandala) pendidikan (Wiyata). Wawasan Wiyatamandala harus merupakan suatu wawasan yang menjamin berlangsungnya proses pendidikan di sekolah secara efisien dan efektif.Wawasan Wiyatamandala adalah kebijakan yang mengikat setiap warga sekolah (kalangan pendidikan) sebagai suatu wahana menuju tercapainya tujuan pendidikan nasional yang kita idam-idamkan bersama. Di sampaing itu perlu dimengerti pula bahwa wawasan Wawasan Wiyatamandala bukanlah “ikatan mati”. Wawasan Wiyatamandala tetap terbuka dan memberikan peluang bagi kemungkinan adanya pembangunan/pemekaran pandangan secara ideologis, bai dalam lingkungan sekolah itu sendiri maupun di tengah-tengah masyarakat. Dengan demikian, Wawasan Wiyatamandala juga dapat menjamin tumbuhnya kondisi dimamis dalam kehidupan di sekolah.
·         Sekolah hendaknya betul-betul menjadi tempat terselenggaranya proses belajar mengajar tempat dimana ditanamkan dan dikembangkan berbagai nilai-nilai ilmu pengetahuan, keterampilan dan wawasan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Nasional yaitu manusia yang cerdas, siap kerja, menguasai ilmu dan tehnologi tetap berakar pada nilai-nilai budaya bangsa.
·         Sekolah sebagai masyarakat belajar, dimana terjadi proses interaksi antara siswa, guru dan lingkungan sekolah, maka dalam kehidupan sekolah berperan unsur dan macam macam satuan, seperti; kepala sekolah, guru, orang tua siswa, para siswa, pegawai dan hubungan timbal balik antara sekolah dengan masyarakat dimana sekolah itu berada.
·         Sekolah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mengajar, tempat terjadinya proses pembudayaan kehidupan hanya dapat berfungsi dengan sebaik-baiknya apabila di lingkungan sekolah tersebut dapat diciptakan suasana aman, nyaman, tertib dari segala ancaman.
C.     Tujuan Wawasan Wiyata Mandala
Tujuan Wawasan Wiyata Mandala adalah diharapkan seluruh siswa dapat berperan aktif dalam meningkatkan fungsi sekolah sebagai lingkungan pendidikan.  Aktivitas dan kreativitas siswa sangat diperlukan untuk menciptakan sekolah sebagai masyarakat belajar, tempat saling asah, saling asih, dan saling asuh yang dibimbing oleh kepala sekolah dan guru yang dapat mendorong semangat dan minat belajar.  Hal yang sangat penting bagi siswa adalah  dapat mendudukkan dan menempatkan diri sesuai dengan fungsinya sebagai warga wiyata.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.