Jurnal Olahraga Skripsi PJKR

WW | 06:19 |



TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 2 PLERET TAHUN 2013
Oleh: Wahyu Widayat/ Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi/Jurusan Pendidikan Keolahragaan/Fakultas Ilmu Keolahragaan/Universitas Negeri Yogyakarta

 

Abstrak

Di SMP Negeri 2 Pleret siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola belum diketahui tingkat keterampilan bermain sepakbolanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan gerak dasar bermain sepakbola siswa peserta ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Pleret tahun 2013. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan metode survei pengambilan data dengan teknik tes dan pengukuran. Subjek pada penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan tes kecakapan bermain sepakbola David Lee yang dimodifikasi oleh Subagyo Irianto. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif persentase. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh tingkat keterampilan gerak dasar bermain sepakbola siswa peserta ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Pleret tahun 2013 dalam katagori “baik sekali” dengan presentase sebesar 40% (8 siswa), katagori “baik” sebesar  25% (5 siswa), katagori “sedang” sebesar 25% (5 siswa), katagori “kurang” sebesar 5% (1 siswa), dan katagori “kurang sekali” 5% (1 siswa). Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa tingkat keterampilan gerak dasar bermain sepakbola siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 2 Pleret tahun 2013 dalam kategori baik.

Kata kunci: keterampilan gerak dasar sepakbola, ekstrakurikuler, siswa SMP

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!