Pengertian Kurikulum

WW | 22:17 |


134 Pengertian Kurikulum (Lengkap)
Opini |  16 Desember 2009 |  15:42
43,642 2 Nihil

Judul: Kurikulum Dan PENGAJARAN Tahun: 2008

Pengarang: Prof. Dr. S. Nasution, MA Halaman: 5

Penerbit: Bumi Aksara

1. Kurikulum: Rencana Suatu Yang disusun untuk review melancarkan Proses berlajar Mengajar Di Bawah Bimbingan Dan tanggunga jawab sekolah ATAU Lembaga Pendidikan Beserta staf pengajarnya.

2. Kurikulum: Adalah Peristiwa-Peristiwa Yang Terjadi Di Bawah Pengawasan sekolah, Jadi selain Kegiatan kulikuler Yang JUGA Kegiatan Resmi Yang tak formal.

Judul: Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah

Pengarang:. Dr. h  Nana Sudjana Tahun: 2005

Penerbit: Sinar Baru Algensindo Halaman: 3,4,5,7,17


3. Kurikulum: Niat Dan harapan Yang hati dituangkan Bentuk Rencana ATAU Program Pendidikan untuk review dilaksanakan Diposkan guru di sekolah.

4. Kurikulum Adalah Niat Dan Rencana, Proses belajar Mengajar Adalah pelaksanaanya.  Dalam Proses tersebut ADA doa subjek Yang terlibat guru yakni Dan Siswa.  Siswa Adalah subjek Yang dibina Dan Guru Adalah dubjek Yang membina.

5. Kurikulum hati bahasa yunani kuno berasal Dari kata Curir Yang artinya pelari;  Dan Curere Yang artinya Tempat berpacu.  Kurikulum di artikan jarak pagar pagar Yang Harus di tempuh Diposkan pelari.  Dari Makna Yang terkandung berdasarkan rumusan masalah tersebut hati Kurikulum Pendidikan di artikan SEBAGAI sejumlah mata Pelajaran Yang Harus ditempuh ATAU disekesaikan Anak didik untuk review memperoleh ijasah.

6. Program Kurikulum Adalah belajar Bagi Siswa Yang disusun SECARA sistematis Dan logis, di berikan Diposkan sekolah untuk review mencapai tujuan Pendidikan.  Program SEBAGAI belajar, Kurikulum Adalah Niat, Rencana ATAU harapan.

7. Kurikulum Adalah hasil temuan temuan belajar Yang diniati ATAU dimaksudkan belajar Keluar Datang.

8. Program Adalah Kurikulum Dan Pengalaman belajar Serta hasil temuan temuan-temuan hasil temuan belajar Yang di harapkan Yang diformulasikan melalui Pengetahuan Dan Kegiatan Yang tersusun SECARA sistematis, di berikan kepasa Siswa Di Bawah Tanggung sekolah untuk review membantu pertumbuhan jawab ATAU Perkembangan Pribadi Dan Kompetensi didik Anak sosial .

9. Kurikulum Adalah Program Rencana ATAU belajar Dan PENGAJARAN Adalah Pelaksanaan ATAU operasionalisasi Dari Rencana Program ATAU.

10. Kurukulum Adalah alat ATAU Saran untuk review mencapai tujuan Pendidikan melalui Proses PENGAJARAN.

11. Kurikulum Adalah Sesuatu Yang ATAU diinginkan dicita-citakan Untuk Anak didik.  Artinya, hasil temuan temuan belajar Yang diinginkan Yang diniati agar dimiliki Anak.

Judul: Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek Tahun: 2005

Pengarang: Prof. Dr. Nana Syaodih Sukmadinata Halaman: 4,5,6

Penerbit: PT Remaja Rosdakarya, Bandung


12. (Ronald C. Doll, 1974., Hal 22) Definisi Yang diterima SECARA Umum Kurikulum Telah Berubah Dari Program Studi isi Dan PT subyek Dan Kursus untuk Semua Pengalaman Yang Ditawarkan learnes untuk review di bawah auspises ATAU Arah sekolah.

13. (Johnson, 1967, HAL 130) Kurikulum ... .a seri terstruktur Dari itended belajar Keluar Datang.

14. Kurikulum (Kurikulum) merupakan Suatu Rencana Yang Memberi Pedoman ATAU pegangan hati Proses Kegiatan Belajar Mengajar.

15. (Beauchamp, 1968, HAL 6) Kurikulum Adalah Dokumen tertulis Yang mungkin mengandung Banyak Bahan, tetapi PADA dasarnya ITU Adalah Pabrik untuk review Pendidikan murid selama pendaftaran mereka di sekolah diberikan.  Beauchamp LEBIH memberikan Tekanan behwa Kurikulum Adalah siatu Rencana Pendidikan ATAU PENGAJARAN.

16. Caswel Dan Chambell hati buku mereka Yang Terkenal Kurikulum Pengembangan (1935), Kurikulum ... .to terdiri Dari SEMUA Anak memiliki Pengalaman Di Bawah Bimbingan guru.

17. Zais menjelaskan bahwa kurikulumbukan Hanya merupakan Rencana tertulis begi PENGAJARAN, melainkan Sesuatu Yang Fungsional Yang beroperasi hati Kelas, Yang Memberi Pedoman Dan mengatur lingnkungan Dan Kegiatan Yang berlangsung di hati Kelas.

18. * * Menurut Robert S. Zais (1976, HAL 3), Kurikulum SEBAGAI Bidang Studi mencakup: 1.  Kisaran materi DENGAN Yang bersangkutan (struktur substantif), Dan 2. Prosedur inkiuri Dan mempraktekkannya berikut (struktur sintaksis).

19. * * Menurut George A. Beaucham (1976 HAL 58-59), Kurikulum SEBAGAI Bidang Studi membentuk Suatu Teori Yaitu Teori Kurikulum.  Selain SEBAGAI Bidang Studi Kurikulum JUGA SEBAGAI Rencana PENGAJARAN Dan SEBAGAI Suatu Sistem (Sistem Kurikulum) Yang merupakan Bagian Dari Sistem Persekolahan .

Judul: Seri Standar Nasional Pendidikan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman dan Pengembangan

Pengarang: Mashur Muslich Tahun: 2008

Penerbit: Bumi Aksara Halaman: 1


20. UU RI No 20 Tahun 2003 TENTANG Sistem Pendidika Nasional Pasal 1 ayat 19

Kurikulum Adalah seperangkat Rencana Dan pengaturan Mengenai tujuan, isi, Tambahan Pelajaran Serta Cara Yang digunakan SEBAGAI Pedoman Penyelenggaraan Kegiatan Pembelajaran untuk review mencapai tujuan Pendidikan Tertentu.

Judul: Pembelajaran Implementasi Kurikulum hati Berbasis Kompetensi

Pengarang: Dr. Wina Sanjaya, M. Pd.

Tahun: 2005

Halaman: 2-5

21. Pengertian Kurikulum SEBAGAI mata Dan isi Pelajaran DAPAT ditemukan Dari Jelasnya Yang dikemukakan Diposkan Robert M. Hutchins (1936) Yang menyatakan:

Kurikulum Harus mencakup tata bahasa, membaca, toric Dan Logika, Dan matematika Dan Disposals PADA Tingkat Menengah MEMPERKENALKAN buku gede dari Dunia barat.

22. Pengertian Kurikulum SEBAGAI Pengalaman belajar mengandung Makna bahwa Kurikulum Adalah Seluruh Kegiatan Yang dilakukan Siswa Baik PENGOPERASIAN maupun di hati sekolah asal Kegiatan tersebut berasa di Bawah Tanggung jawab guru (sekolah).

23. Dorris Lee Dan Murray Lee (1940), menyatakan Kurikulum SEBAGAI: Pengalaman orang-orangutan Dari Anak Yang sekolah DENGAN Cara apapun memanfaatkan ATAU attepts untuk review mempengaruhi.

24. HH Giles S. P, Mc Chutcen Dan A. N Zechiel: Kurikulum ... Total DENGAN Pengalaman Yang PENAWARAN sekolah hearts mendidik muda orang-orangutan.

25. Romine (tokoh Pendidikan) 1945

Kurikulum diartikan SEMUA terorganisir Kursus, Kegiatan Dan Pengalaman Yang Siswa Harus di Bawah Arahan Cuaca sekolah di Kelas KAMAR ATAU TIDAK.

26. Saylor Dan Alexander (1956)

Kurikulum Adalah Disetor Total Upaya sekolah untuk review mempengaruhi belajar, wheter di KAMAR Kelas, di Tempat Bermain, ATAU Keluar Dari sekolah.

27. Kurikulum Program SEBAGAI Rencana ATAU belajar, Hilda Taba (1962):

Kurikulum Adalah Rencana untuk review belajar KARENA ITU, whai Adalah mengetahui Proses Pembelajaran dan Pengembangan individu Telah Bantalan PADA pembentukan Kurikulum.

28. Donald E. Orlasky, Othanel Smith (1978) Dan Peter F. Olivva (1982) Kurikulum PADA dasarnya Adalah SEBUAH Perencanaan ATAU Program Pengalaman Siswa Yang sekolah diarahkan.

Judul: Dasar- Dasar Kurikulum Bahasa

Pengarang: Prof.Dr.  Henry Guntu Tarigan

Tahun: 1992

Halaman: 3


29. Kurikulum Adalah Suatu formulasi pedagogis Yang termasuk pagar Penting hati Konteks PBM.

Judul: Pengembangan Kurikulum Dan Perencanaan instruksional

Pengarang: Dr. H.Larry Winecoff

Tahun: 1988

Halaman: 1

30. Kurikulum SECARA Umum didefinisikan SEBAGAI Rencana dikembangkan untuk review memfasilitasi procces Mengajar / belajar di Bawah Arahan Dan Bimbingan sekolah dari, Perguruan Tinggi ATAU universitas Dan ANGGOTA staf nya.

31. Kurikulum mencakup SEMUA Kegiatan direncanakan Dan Acara Yang berlangsung di Bawah auspicies Dari Dan Lembaga Pendidikan Baik maupun informal yang resmi

Judul: Upaya Pembaharuan hati Pendidikan dan PENGAJARAN

Pengarang:. Drs  Cece Wijaya, dkk

Tahun: 1988

Halaman: 24


32. hati Kurikulum Arti Luas Yaitu meliputi Program Seluruh Dan Kehidupan hati sekolah.

Judul: Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum

Pengarang:. Prof. Drs  H. Darkir

Tahun: 2004

Halaman: 1, 2, 4, 5, 6


33. Kurikulum Adalah alat untuk review mencapai Pendidikan.

34. Program Program Kurikulum Pendidikan Adalah Bukan PENGAJARAN, Program Yaitu Yang direncanakan, diprogramkan Dan dirancang Yang Berisi BERBAGAI Bahan ajar Dan Pengalaman belajar Baik Yang berasal Dari Waktu Menit menit yang lalu, sekarang maupun Yang Datang akan.

35. Kurikulum ialah Suatu Program Pendidikan Yang berisikan BERBAGAI Bahan ajar Dan Pengalaman belajar Yang diprogramkan, direncanakan Dan dirancang SECARA sitematik perbedaan dasar dasar dasar dasar norma-norma Yang Berlaku Yang dijadikan Pedoman hati Proses Pembelajaran Bagi Tenaga kependidikan Dan Peserta didik untuk review mencapi tujuan Pendidikan.

36. William B. Ragam

Kurikulum Adalah SEMUA Pengalaman Anak Yang Menjadi tanggung jawab sekolah.

37. Robert S. Flaming

Kurikulum PADA sekolah DAPAT didefinisikan SEBAGAI Seluruh Pengalaman belajar anak Yang Menjadi tanggung jawab sekolah modern.

38. David Praff

Kurikulum Adalah seperangkat Serta organisasi serta Pendidikan ATAU Resmi Pusat-Pusat Pelatihan.

39. Donald F.Gay (1960) hati Asnah Said, menggunakan beberapa perumusan Kurikulum SEBAGAI berikut:

SEBUAH.  Perbedaan Kurikulum terdiri sejumlah Bahan Pelajaran Yang SECARA logis.

b.  Perbedaan Kurikulum terdiri Pengalaman belajar Yang direncanakan untuk review membawa perubahan Perilaku Anak.

c.  Kurikulum merupakan desain Kelompok sosial untuk review Menjadi Pengalaman belajar anak di sekolah.

d.  Perbedaan Kurikulum terdiri SEMUA Pengalaman Anak Yang mereka lakukan Dan Rasakan Di Bawah Bimbingan Belajar.

40. Nengly Dan Evaras (1976)

Kurikulum Adalah SEMUA Pengalaman Yang direncanakan Yang dilakukan Diposkan sekolah untuk review menolong para Siswa hati mencapai hasil temuan temuan belajar ditunjukan Kepada kemampuan Siswa Yang memucat Baik.

41. Inlow (1966)

Kurikulum Adalah Susunan Rangkaian Dari hasil temuan temuan belajar Yang disengaja.  Kurikulum menggambarkan (ATAU TIDAK pagar mengantisipasi) dari hasil temuan temuan PENGAJARAN.

42. Saylor (1958)

Kurikulum Adalah keseluruhan usaha sekolah untuk review mengulas mempengaruhi Proses belajar Mengajar Baik Langsung di Kelas Tempat Bermain, ATAU di-luar sekolah.

Judul: Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses hati Sertifikasi Guru

Pengarang: Kunandar, S.Pd, M.Si, hati 2007

Penerbit:. PT  Raga Grafindo Persada Hal: 122-123

43. Dalam kamus Webster Tahun 1955

Kurikulum diartikan sejumlah mata Pelajaran di sekolah ATAU mata kuliah di perguruan Tinggi Yang Harus di tempatkan untuk review mencapai Suatu ijasah.

Judul: Asas-Asas Kurikulum .. Penerbit: Bumi Aksara

Pengarang: Prof. Dr. S. Nasution, M. A Halaman: 4,5,6,7,8

Beberapa Definisi Kurikulum Dari beberapa Ahli:

44. J. Galen Saylor Dan William M. Alexander Perencanaan hati buku Kurikulum PENGAJARAN TENTANG Learning (1956), arti menjelaskan Kurikulum SEBAGAI berikut "Kurikulum Adalah Total Disetor usaha sekolah untuk review mempengaruhi belajar, apakah di Ruang Kelas, di Bermain tanah, ATAU Keluar Dari sekolah.  Jadi Segala usaha ulasan sekolah untuk review mempengaruhi Anak belajar, apakah hati Kelas Ruang, di Halaman sekolah, ATAU di-luar sekolah termasuk Kurikulum.  Kurikulum meliputi JUGA APA Yang disebut Kegiatan ekstrabesar kulikuler.

45. Harold B. Albertycs, hati Reorganisasi Kurikulum SMA (1965) Memandang Kurikulum SEBAGAI "SEMUA Kegiatan Yang disediakan untuk review Siswa Diposkan sekolah".

46. ​​B. Othanel smith, WO Stanley Dan J. Harlan Shores Memandang Kurikulum SEBAGAI "SEBUAH asequence Pengalaman Potensi didirikan di sekolah untuk review tujuan displlning Anak-anak Dan yoyuth Cara Berpikir Kelompok Dan bertindak".

47. William B. Ragan, hati Buku yang modern Dasar Kurikulum (1966), arti menjelaskan Kurikulum SEBAGAI berikut:. Kecenderungan hearts beberapa dekade terakhir di Telah menggunakan Istilah hearts arti Yang LEBIH Luas untuk review merujuk PADA Seluruh Hidup Program Dan sekolah  Istilah Suami digunakan ... untuk review memasukkan SEMUA Pengalaman Anak-Anak Yang sekolah MENERIMA tanggung jawab.  INI menunjukkan hasil temuan efferots PADA Bagian Dari orang-orangutan dewasa Dari Anak-Anak Terbaik, Yang memucat Utuh beberapa pengaruh Yang ADA hearts budaya.

48. J. Lloyd Trump Perbaikan hati sekolah buku Dan Delmas F. Miller.  * * Menurut mereka hati Kurikulum JUGA termasuk Metode Mengajar Dan belajar, cara mengevaluasi murid Dan Program Seluruh, tanaga perubahan Mengajar, Bimbingan Dan penyuluhan, Pengawasan Dan administrasi Dan HAL-HAL Struktural Mengenai Waktu, Jangka Waktu ruangan Serta kemingkinan memilih mata Pelajaran.

49. Alice Miel, hati bukunya Mengubah Kurikulum: Suatu Proses sosial (1946), Ia mengemukakan bahwa Kurikulum JUGA meliputi keadaan gedung, suasana sekolah, keinginan, keyakinanpengetahuan Dan SIKAP Melayani orang-orangutan Dan sekolah dilayani, yakni Anak didik, '' masyarakat, para Pendidik Dan personalia.

50. Edward A. Krug Dalam Kurikulum Sekolah Menengah (1960) Pendirian menunjukkan Yang Terbatas Realitas TAPI TENTANG Kurikulum.  Definisinya Adalah "Kurikulum terdiri Dari Cara Yang digunakan untuk review mencapai ATAU melaksanakan tujuan Yang diberikan sekolah

51. Smith Dan kawan-kawan Memandang Kurikulum SEBAGAI Rangkaian Pengalaman Yang SECARA potensial DAPAT di berikan PADA Anak.

52. Dalam kamus Webster (1955) Kurikulum arti diberi:.  A. Kursus  esp. SEBUAH dispesifikasikan Tetap SEBAGAI di sekolah ATAU Perguruan  Tinggi. SEBAGAI shalat Satu Yang mengarah KE sedangkan  gelar. B  Seluruh Tubuh tentu Ditawarkan hearts iklan Lembaga Pendidikan ATAU departemen ADA dari, arti biasa.  Disini kurukulum Khusus hati digunakan Pendidikan dan PENGAJARAN, yakni sejumlah mata Pelajaran di sekolah ATAU mata kuluah di tunggi perguruan, Yang Harus ditempuh untuk review mencapai Suatu ijasah ATAU Tingkat.

Sumber: Makalah * * Masalah Pengembangan Kurikulum KONSEP Oleh Rachmayanti Tihan Tahun 2007

53. Kurikulum SEBAGAI shalat Satu Bentuk perubahan ulasan untuk review Memperbaiki Proses Pendidikan sehingga Tercipta Suatu efektifitas sekolah Dimana ada Suatu Kombinasi ANTARA APA Yang Telah sekolah dihasilkan (output sekolah) Dan APA Yang Telah dimasukkan KE hati sekolah (input sekolah).

54. Kurikulum ITU DAPAT didefinisikan SEBAGAI Suatu Rangkaian Kegiatan Yang direncanakan SEBAGAI PANDUAN guru untuk review Mengajar Dan sisiwa untuk review belajar.

55. Kurikulum merupakan tujuan Dari hasil temuan temuan PADA Pembelajaran untuk review mengulas menciptakan Interaksi Siswa Yang diharapkan.

56. Kurikulum Adalah Urutan Pengalaman Yang ditetapkan sekolah untuk review mendisiplinkan Diposkan Cara berfikir Dan bertindak (Valiga, T & Magel, C.)

57. Kurikulum SECARA Pribadi Adalah Suatu Jadwal Dimana TIDAK mencakup SEMUA Pelajaran Yang menyangkut Teori maupun Praktek Yang Dibuat Diposkan Lembaga Pendidikan untuk review diterapkan Diposkan Peserta didik selama mengikuti Proses Pendidikan Tertentu sehingga DAPAT memperlancar pencapaian tujuan PENGAJARAN.

58. Kurikulum DAPAT dipandang SEBAGAI Produk Dimana HAL Suami menunjukkan Suatu Dokumen hasil temuan temuan Perencanaan, Pengembangan Dan Konstruksi Kurikulum.  KONSEP Yang Adalah dominan Mengenai Kurikulum SEBAGAI Bahan Yang diajarkan Diposkan Guru dan dipelajari Diposkan murid.

Program 59. Kurikulum SEBAGAI meliputi Peristiwa di sekolah Yang direncanakan untuk review mencapai tujuan Pendidikan.

60. Kurikulum SEBAGAI Kegiatan belajar sehingga TIDAK Hanya mementingkan Bahan TAPI JUGA mementingkan Proses belajar.  Hal inisial meliputi ketrampilan, Pengetahuan, SIKAP Terhadap belajar Dan mementingkan hasil temuan temuan.

61. Kurikulum SEBAGAI Pengalaman

62. Kurikulum merupakan Langkah untuk review menerjemahkan Bahan Yang tercantum didalamnya sehingga Dibutuhkan Suatu Pengembangan Pengembangan strategi Mengajar Yang meliputi Metode, Prosedur, Dan teknik Yang guru untuk review digunakan ulasan mencapai Suatu tujuan.

63. Kurikulum Yaitu serangkaian Interaksi global yang menyediakan Bahan Yang Yang dasar dasar dasar dasar untuk review Mengajar Yang bersifat Khusus.

64. Kurikulum Adalah Suatu Bagian Dari manajemen Pendidikan.


Sumber: www.bsn.or.id/SNI

65. Kurikulum Adalah serangkaian mata Terbuka Dan Pengalaman belajar Yang mempunyai tujuan Tertentu, Yang diajarkan DENGAN Cara Tertentu Dan kemudian dilakukan Evaluasi.  (Badan Standardisasi Nasional SIN 19-7057-2004 TENTANG Kurikulum Pelatihan Hiperkes Dan Keselamatan Kerja Bagi Dokter Perusahaan). [1]

Sumber: http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/07/08/pengertian-kurikulum/

66. Dalam pandangan Klasik, Reseller menekankan Kurikulum dipandang SEBAGAI Rencana Pelajaran di sekolah Suatu ATAU Pelajaran-Pelajaran Dan materi APA Yang Harus ditempuh di sekolah.

67. George A. Beauchamp (1986) bahwa mengemukakan: "A Curriculun Adalah Dokumen tertulis Yang mungkin mengandung Banyak Bahan, tetapi PADA dasarnya ITU Adalah Rencana untuk review Pendidikan murid selama pendaftaran mereka di sekolah diberikan".

68. Dalam pandangan modern, pengertian Kurikulum LEBIH dianggap SEBAGAI Suatu Pengalaman ATAU Sesuatu Yang Nyata Terjadi hati Proses Pendidikan, seperti dikemukakan Diposkan Caswel Dan Campbell (1935) Yang mengatakan bahwa Kurikulum Yaitu akan terdiri Dari SEMUA Pengalaman Anak Di Bawah Bimbingan memiliki guru.  Dipertegas Lagi Diposkan Pemikiran Ronald C. Doll (1974) Yang mengatakan bahwa: "... Kurikulum Telah Berubah Dari isi Program Studi Dan PT subyek Dan Kursus untuk Semua Pengalaman Yang Ditawarkan Kepada Peserta didik Di Bawah Naungan ATAU Arah sekolah.

69. Hamid Hasan (1988) mengemukakan bahwa hati KONSEP Kurikulum DAPAT ditinjau empat dalam hearts dimensi, Yaitu:

1. Kurikulum SEBAGAI Suatu ide;  Yang dihasilkan melalui Teori-Teori dan Penelitian, hati khususnya Bidang Kurikulum Dan Pendidikan.

2. Kurikulum SEBAGAI Suatu Rencana tertulis, SEBAGAI perwujudan Dari Kurikulum SEBAGAI Suatu ide;  Yang didalamnya Memuat TENTANG tujuan, Bahan, Kegiatan, alat-alat, Dan Waktu.

3. Kurikulum SEBAGAI Suatu Kegiatan, Yang merupakan Pelaksanaan Dari Kurikulum SEBAGAI Suatu Rencana tertulis;  hati Bentuk Praktek Pembelajaran.

4. Kurikulum SEBAGAI Suatu hasil temuan temuan Yang merupakan konsekwensi Dari Kurikulum SEBAGAI Suatu Kegiatan, hati Bentuk ketercapaian tujuan Kurikulum yakni tercapainya perubahan Perilaku ATAU kemampuan Tertentu Dari para Peserta didik.

70. Purwadi (2003) memilah pengertian Kurikulum Menjadi Enam Bagian: (1) Kurikulum SEBAGAI ide;  (2) Kurikulum Berupa Resmi Dokumen Yang dijadikan hati SEBAGAI Pedoman Dan PANDUAN melaksanakan Kurikulum;  (3) Kurikulum * * Menurut PERSEPSI Pengajar;  (4) Kurikulum operasional Yang ATAU dilaksanakan dioprasional kan Diposkan Pengajar di Kelas;  (5) Pengalaman Kurikulum yakni Kurikulum Yang dialami Diposkan Peserta didik;  Dan (6) Kurikulum Yang TIMAH Dari penerapan Kurikulum.

Sumber: http://zulharman79.wordpress.com/2007/08/04/evaluasi-kurikulum-pengertian-kepentingan-dan-masalah-yang-dihadapi/

71. Kurikulum Adalah seperangkat Rencana Dan pengaturan Mengenai tujuan, isi, dan bahan Pelajaran Serta Cara Yang digunakan SEBAGAI Pedoman Penyelenggaraan Kegiatan Pembelajaran ulasan untuk review mencapai tujuan Pendidikan Tertentu (Pasal 1 Butir 19 UU Nomor 20 Tahun 2003 TENTANG Sistem Pendidikan Nasional);

72. Seperangkat Rencana Dan pengaturan Mengenai isi dan bahan Pembelajaran Serta Metode Yang digunakan SEBAGAI Pedoman menyelenggarakan Kegiatan Pembelajaran (Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: 725 / Menkes / SK / V / 2003 TENTANG Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan di Bidang Kesehatan.).

73. Kurikulum Pendidikan Tinggi Adalah seperangkat Rencana Dan pengaturan Mengenai isi maupun Bahan Kajian Dan Pelajaran Serta Cara penyampaian Dan penilaiannya Yang digunakan SEBAGAI Pedoman Penyelenggaraan Kegiatan Belajar Mengajar di-perguruan Tinggi (Pasal 1 Butir 6 Kepmendiknas Nomor 232 / U / 2000 TENTANG Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Dan PENILAIAN Hasil Belajar Mahasiswa);

74. * * Menurut Grayson (1978), Kurikulum Adalah Suatu Perencanaan ulasan untuk review mendapatkan Keluaran (Datang out) Yang diharapkan Dari Suatu Pembelajaran.  Perencanaan tersebut disusun SECARA terstruktur untuk review mengulas Suatu Bidang Studi, sehingga memberikan Pedoman Dan Instruksi ulasan untuk review mengembangkan Pengembangan Pengembangan strategi Pembelajaran (Materi di hati Kurikulum Harus diorganisasikan DENGAN Baik agar sasaran,, (tujuan) Dan tujuan (tujuan) Pendidikan Yang Telah ditetapkan DAPAT tercapai.

75. * * Menurut Harsono (2005), Kurikulum merupakan gagasan Pendidikan Yang hati diekpresikan Praktik.  Dalam bahasa Inggris latin, Kurikulum Berarti melacak ATAU Jalur pacu.  Saat Suami Jelasnya Kurikulum Semakin Berkembang, sehingga Yang dimaksud Kurikulum TIDAK Hanya gagasan Pendidikan tetapi JUGA termasuk Seluruh Program Pembelajaran Yang terencana Dari Suatu Institusi Pendidikan.

Sumber: http://destalyana.blogspot.com/2007/09/beberapa-pengertian-kurikulum.html
Beberapa Kurikulum pengertian, Yaitu:

76. www.ppk.kpm.my/definasi.htm

"Program Suatu Pendidikan Yang termasuk Kurikulum Dan Kegiatan kokurikulum Yang merangkumi SEMUA Pengetahuan, kemahiran, norma, Nilai, Kebudayaan Yakin Dan Kepercayaan untuk review membantu Perkembangan Seseorang murid DENGAN sepenuhnya Dari Segi jasmani, rohani, mental Dan Emosi Serta untuk review Menanam Dan mempertingkatkan Nilai moral yang Yang Yang diingini Dan ulasan untuk review menyampaikan Pengetahuan "

Akta Pendidikan 1996 [Peraturan-Peraturan (Kurikulum Kebangsaan) Pendidikan 1997]

77. www.kopertis4.or.id

Kurikulum Pendidikan Tinggi Adalah seperangkat Rencana Dan pengaturan Mengenai isi maupun Bahan Kajian Dan Pelajaran Serta Cara penyampaian Dan penilaiannya Yang digunakan SEBAGAI Pedoman Penyelenggaraan Kegiatan Belajar Mengajar di-perguruan Tinggi.

(Pasal 1 Butir 6 Kepmendiknas No.232 / U / 2000 TENTANG Pedoman PenyusunanKurikulum Pendidikan Tinggi Dan PENILAIAN Hasil Belajar Mahasiswa)

78. www.ciast.gov.my/backup/malay

Kurikulum SEBAGAI, '* Semua Pembelajaran Yang direncanakan andguided Diposkan sekolah, apakah ITU dilakukan PADA ingroup ATAU SECARA individu, hearts ATAU di-luar sekolah.

Cara mendekati Teori Kurikulum Dan Praktek:

1. Kurikulum SEBAGAI Tubuh Pengetahuan Yang Dikirim akan.

2. Kurikulum SEBAGAI Upaya untuk review mencapai tujuan Tertentu PADA Siswa - Produk.

3. Kurikulum SEBAGAI bersaing.

(dikutip hearts Kelly 1983: 10; lihat JUGA, Kelly 1999)

79. www.mail-archive.com/ppi@freelists.org/msg29777.html

Kurikulum yakni bahwa KONSEP Kurikulum DAPAT diklasifikasikan hati KE empat dalam hearts JENIS pengertian Yang meliputi: (1) Kurikulum SEBAGAI Produk;  (2) Kurikulum Program SEBAGAI;  (3) Kurikulum SEBAGAI Hasil temuan Yang diinginkan: Dan (4) Kurikulum SEBAGAI Pengalaman belajar Bagi Peserta didik.

(Beane dkk 1986)

80. www.karyanet.com.my/knet/ebook

Hati 'Kurikulum' english Latin mempunyai kata akar 'curere'.  Kata Suami bermaksud 'laluan' ATAU 'Jejak'.  SECARA Yang LEBIH Luas pula maksudnya ialah 'jurusan' seperti hati Rangkai kata jurusan peperangan '.  Perkataan'kurikulum' dalam Bahasa Inggris mengandungi pengertian 'jelmaan' ATAU 'metamorfosis'.  Paduan Makna kedua-doa bahasa Suami menghasilkan Makna bahawa perkataan kurikuluin 'ialah' laluan Dan Satu peringkat KE Satu peningkat '.  Perluasan Makna Suami memberikan pengertian' hati Kurikulum 'Perbendaharaan kata bahasa Inggeris Pendidikan SEBAGAI Jurusan pengajian Yang diikuti di sekolah.

(Kliebard, 1982)

81. www.kopertis4.or.id

Kurikulum Adalah Suatu Perencanaan ulasan untuk review mendapatkan Keluaran (Datang out7) Yang diharapkan Dari Suatu pembelajaran.Perencanaan tersebut disusun SECARA terstrukturuntuk Suatu Bidang Studi, sehingga memberikan Pedoman Dan Instruksi untuk review mengembangkan Pengembangan Pengembangan strategi Pembelajaran (Materi di hati Kurikulum Harus diorganisasikan DENGAN Baik agar sasaran,, (tujuan) Dan tujuan (tujuan) Pendidikan Yang Telah ditetapkan DAPAT tercapai.

(Grayson 197)

82. www.kopertis4.or.id

Kurikulum merupakan gagasan Pendidikan Yang hati diekpresikan Praktik.  Dalam bahasa Inggris latin, Kurikulum Berarti melacak ATAU Jalur pacu.  Saat Suami Jelasnya Kurikulum Semakin Berkembang, sehingga Yang dimaksud Kurikulum TIDAK Hanya gagasan Pendidikan tetapi JUGA termasuk Seluruh Program Pembelajaran Yang terencana Dari Suatu Institusi Pendidikan.

(Harsono 2005)

83. www.hotnickname.blogspot.com

Seperangkat Rencana Dan pengaturan Mengenai isi dan bahan Pembelajaran Serta Metode Yang digunakan SEBAGAI Pedoman menyelenggarakan Kegiatan Pembelajaran

(Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: 725 / Menkes / SK / V / 2003

TENTANG Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan di Bidang Kesehatan)

84. www.bsn.or.id/SNI

Kurikulum Adalah serangkaian mata Terbuka Dan Pengalaman belajar Yang mempunyai tujuan Tertentu, Yang diajarkan DENGAN Cara Tertentu Dan kemudian dilakukan Evaluasi

(Badan Standardisasi Nasional SNI 19-7057-2004 TENTANG

Kurikulum Pelatihan Hiperkes Dan keselamatankerja Bagi Dokter Perusahaan)

85. www.metos2004.250free.com/curriculum/kurikulum.htm

Kurikulum DAPAT diartikan SEBAGAI pengajian di sekolah DENGAN mengambil kira Kandungan Dari masa lampau Hingga masa kini.  Pembentukan Kurikulum menekankan kepetingn 'masyarakat Dan Keperluan'.

(John Dewey 1902; 5

hati bukunya 'The Anak Dan Kurikulum')

86. www.destalyana.blogspot.com

Kurikulum DAPAT diartikan keseluruhan Pengalaman, Yang tak terarah Dan terarah, terumpu Kepada Perkembangan kebolehan individu ATAU Satu siri latihan Pengalaman Langsung SECARA SEDAR digunakan Diposkan sekolah untuk review melengkap Dan menyempurnakan pendedahannya.  KONSEP beliau menekankan Kepada pemupukan Perkembangan individu melalui Segala Pengalaman termasuk Pengalaman Yang Diposkan dirancangkan sekolah.

(Frank Bobbit 1918,

hati buku 'Kurikulum')

87. www.depdiknas.go.id/jurnal

Kurikulum SEBAGAI Rencana untuk review belajar, yakni Sesuatu Yang direncanakan untuk review dipelajari Diposkan Siswa.  SEMENTARA ITU, pandangan berbaring mengatakan bahwa Kurikulum SEBAGAI Dokumen tertulis Yang Memuat Rencana ulasan untuk review Peserta didik selama di sekolah

(Hilda Taba; 1962

hati bukunya "Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek)

88.www.depdiknas.go.id/jurnal/35

* * Menurut Hasan Kurikulum bersifat fleksibilitas mengandung doa posisi.  PADA posisi Pertama Berhubungan DENGAN fleksibilitas SEBAGAI Suatu Pemikiran kependidikan Bagi diklat.  Mencari Google Artikel demikian, PADA posisi teoritik Yang Harus hati dikembangkan Kurikulum SEBAGAI Rencana.  Pengertian kedua Yaitu SEBAGAI kaidah pengembang Kurikulum.  Terdapatnya posisi pengembang Suami KARENA adanya perubahan PADA Pemikiran kependidikan ATAU Pelatihan.

SH Hasan (1992)

Sumber: http://www.sabda.org/pepak/pustaka/020077/

89. SECARA tradisional, "Kurikulum" biasa dimengerti Program SEBAGAI serangkaian Yang Berisi Rencana-Rencana Pelajaran Yang Telah disusun sedemikian rupa Yang Dipakai DAPAT SECARA Langsung Diposkan guru untuk review Mengajar ..

90. Dalam arti kontemporer "Kurikulum" diartikan SECARA LEBIH Luas, KARENA TIDAK Kurikulum Lagi PADA menekankan daftar isi materi Rencana Pelajaran Yang memiliki Topik-Topik Yang Telah disusun, TAPI LEBIH menekankan Kepada Pengalaman-Pengalaman Proses belajar Mengajar Yang DAPAT Kepada diberikan para murid hati Konteks Dimana murid-murid berada.

91. Dalam Konteks Pelayanan Anak Kristen "Kurikulum" dimengerti SEBAGAI Program PENGAJARAN Lengkap Untuk Anak-anak Yang di dalamnya mencakup PT subyek hati / Topik PENGAJARAN Alkitab Yang Telah diintegrasikan DENGAN Pengalaman-Pengalaman ulasan untuk review Disesuaikan dengan Konteks Gereja setempat Yang berdasarkan Prinsip-Prinsip Alkitab Dan Yang berpusat PADA kristus Serta dipimpin Diposkan Roh Kudus untuk review tujuan pertumbuhan rohani murid (didik Anak).

Sumber: http://maydina.multiply.com/journal/item/551/Apa_itu_kurikulum



92.M.  Skilbeck (1984):

Pengalaman belajar Siswa, sejauh mereka dinyatakan ATAU diantisipasi hearts tujuan Dan objectivies, Rencana Dan desain untuk review belajar Dan Implementasi Rencana Suami Dan desain di Lingkungan sekolah.  (Pengalaman-Pengalaman murid Yang diekspresikan Dan diantisipasikan hati cita-cita Dan tujuan-tujuan, Rencana-Rencana Dan desain-desain ulasan untuk review belajar Dan Implementasi Dari Rencana-Rencana Dan desain-desain tersebut di Lingkungan sekolah.

93. J.Wiles & amp;  J.Bondi (1989):

Kurikulum Adalah tujuan ATAU seperangkat Nilai-Nilai, Yang diaktifkan melalui Pengembangan Bagi Siswa.  Sejauh mana Pengalaman-Pengalaman yang Benar representasi Dari tujuan ATAU tujuan dibayangkan Adalah fungsi fungsi Langsung Dari efektivitas Upaya Pengembangan Kurikulum.  (Kurikulum ialah seperangkat Nilai-Nilai, Yang digerakkan melalui Suatu Pengembangan Proses hati kulminasi Pengalaman-Pengalaman di Kelas ulasan untuk review murid-murid. Tingkat Terhadap Pengalaman tersebut merupakan Suatu representasi yang Benar Terhadap cita-cita Yang diimpikan ialah Suatu fungsi fungsi fungsi fungsi Langsung daripada efektivitas Dari usaha- usaha Pengembangan Kurikulum)


94. Kurikulum ialah Suatu patokan Rencana-Rencana hati HAL penyelenggaran Pembelajaran Yang memiliki tujuan Dan cita-cita Tertentu Yang PADA berlandaskan Pengalaman-Pengalaman Pembelajaran sebelumnya, Yang bersifat FLEKSIBEL (DAPAT mengalami-mengalami Perbaikan) Dan didesain Diposkan sekolah agar murid-murid memiliki ITU representasi fungsi fungsi fungsi fungsi Langsung di '' masyarakat.


Sumber:http://www.gpdi.us/index.php?option=com_content&view=article&id=313:pengertian-kurikulum&catid=54:pelnap&Itemid=25

95. Kurikulum Adalah sederetan materi Yang Harus ditempuh ATAU diajarkan di sekolah minggu.  Materi Yang dipelajari biasanya Berupa Pengalaman di masa lampau artinya TENTANG Pengalaman Mengajar sebelumnya.  Pengertian Kurikulum

96. * * Menurut Nasution, "Kurikulum Adalah Suatu Rencana Yang disusun ulasan untuk review melancarkan Proses belajar Mengajar Di Bawah Bimbingan Dan tanggung jawab sekolah ATAU Lembaga Pendidikan Beserta staf pengajarnya." (Nasution, Kurikulum Dan PENGAJARAN, Bumi Aksara, Jakarta, 1999, hal.5).

97. Kurikulum merupakan Suatu Perencanaan hati Proses belajar Dan Mengajar di sekolah minggu.  Perencanaan mencakup Seluruh ASPEK Kehidupan Dari anak sekolah minggu.  Baik ITU kognitif (Pengetahuan / Pikiran), afektif (Perasaan) Dan Perilaku (tingkah laku).


Sumber: http://pakdesofa.blog.plasa.com/archives/16

. 98. hati Bam PADA Tahun 1955 Istilah Kurikulum Dipakai DENGAN bidangpendidikan arti sejumlah matapelajaran PADA Perguruan Tinggi  Di hati kamus tersebut (Webster), Kurikulum hati diartikan doa macam, Yaitu:

1) sejumlah mata Pelajaran Yang Harus ditempuh ATAU dipelajari murid di sekolah ATAU Perguruan Tinggi untuk review memoeroleh ijazah Tertentu.

2) sejumlah mata Pelajaran Yang Ditawarkan Diposkan Suatu Lembaga Pendidikan ATAU Suatu departemen.

99. Kurikulum mempunyai Jazz RS arti, Yaitu:

1) Kurikulum diartikan SEBAGAI Rencana Pelajaran

2) Kurikulum diartikan SEBAGAI Pengalaman belajar Yang TIMAH murid sekolah Dan

3) Kurikulum diartikan SEBAGAI Rencana belajar murid

100. * * Menurut pandangan tradisional, sejumlah Pelajaran Yang Harus ditempuh murid di sekolah Suatu ilulah Yang merupakan Kurikulum, sehingga menimlbulkan Kesan SeolAh-olah belajar di sekolah Hanya Sekedar mempelajari bukubuku Teks Yang Sudah ditentukan SEBAGAI bah an Pelajaran.

101. Sedangkan * * Menurut modem pandangan, kurikulumlebih Dan Sekedar rencanapelajaran.  Kurikulum di sini dianggap hati SEBAGAI Sesuatu Yang Nyata Terjadi Proses Pendidikan di sekolah.  Pandangan Suami bertolak Dari Sesuatu Yang bersifat Aktual SEBAGAI Suatu bersaing.

Sumber: http://teoripembelajaran.blogspot.com/2008/12/pengertian-kurikulum.html


102. Dalam Proses Pendidikan, Kurikulum merupakan alat untuk review mencapai tujuan Pendidikan.  Tanpa Kurikulum Yang Sesuai Dan Tepat akan Sulit ulasan untuk review mencapai tujuan Dan sasaran,, Pendidikan Yang diinginkan.

103. Kurikulum ditinjau Dari asal Katanya berasal Dari bahasa yunani Yang mula-mula hati digunakan Bidang olah raga, Yaitu kata currere, Yang Berarti jarak pagar pagar tempuh lari.  Dalam Kegiatan Berlari tentu Saja ADA jarak pagar pagar Yang Harus ditempuh Mulai dari Awal Sampai DENGAN finish.  Jarak Dari Awal Sampai Akhir Suami disebut currere (Subandijah, 1993: 1).

104. Pendapat berbaring hati mengatakan PADA mulanya Kurikulum dijumpai Dunia atletik PADA zaman yunani kuno, Yang berasal Dari kata curir Yang artinya pelari, Dan curere artinya Tempat berpacu ATAU Tempat berlomba.  Sedangkan Kurikulum mempunyai arti "jarak pagar pagar" Yang Harus ditempuh Diposkan pelari (Syafruddin Nurdin, 2002: 33).


105. Dalam kosa kata Arab, Istilah Kurikulum dikenal dengan kata manhaj Yang Berarti jalan Yang terang ATAU jalan Terang Yang dilalui Diposkan Manusia PADA BERBAGAI kehidupannya (Al-Syaibany, 1997: 478).


106. Apabila pengertian manhaj ATAU Kurikulum dikaitkan DENGAN Pendidikan, Maka Berarti jalan Terang Yang dilalui Pendidik ATAU guru latih DENGAN orang-orangutan Yang dididik ATAU dilatihnya untuk review mengembangkan Pengetahuan, keterampilan Dan SIKAP mereka (Al-Syaibany, 1997: 478).

Sumber: http: //us.geocities.com/gpibimmanueldepok/Kur_BPK_PT.htm

Hati hati 107. Pengertian Kurikulum hati arti Yang Luas menyangkut Seluruh ASPEK hati SEBUAH Proses belajar-Mengajar Yang Terjadi Upaya Pendidikan Yang diterapkan SEBUAH Lembaga (Keluarga, sekolah, Gereja, '' masyarakat dlsb) Ulasan untuk review mencapai tujuan Yang diharapkan.

108. hati Kurikulum pengertian Yang sempit Adalah Bagian Dari keseluruhan hati ASPEK SEBUAH Proses belajar-Mengajar Yang tertuang SECARA tertulis Dan dipergunakan SEBAGAI Pedoman untuk review mencapai tujuan Yang diharapkan Diposkan sebuiah Lembaga

Sumber: http://zanikhan.multiply.com/journal/item/1518

109. Kurikulum diartikan SEBAGAI:. Suatu Dokumen ATAU Rencana tertulis Mengenai KUALITAS Pendidikan Yang Harus dimiliki Diposkan Peserta didik melalui Uatu Pengalaman belajar  Pengertian Suami mengandung arti bahwa Kurikulum Harus tertuang hati Satu ATAU beberapa Dokumen ATAU Rencana tertulis.

110. Oleh KARENA ITU Oliva (1997: 12) mengatakan

"Kurikulum ITU Sendiri Adalah Konstruksi ATAU KONSEP, verbalisasi Dari
Ide Yang Sangat Kompleks ATAU serangkaian ide-ide ".

111. Pengaruh filosofi Terhadap pengertian Kurikulum pengertian Kurikulum Yang SEBAGAI "subjek", "isi" pandangan ditandai Diposkan dinyatakan ATAU bahkan "Transfer budaya".

112. Dalam Istilah Yang digunakan Tanner Dan Tanner (1980: 104) perennialism mengembangkan Kurikulum Yang merupakan Proses Bagi "budidaya kekuatan rasional: keunggulan akademik" esensialisme sedangkan Memandang Kurikulum SEBAGAI Rencana untuk review mengembangkan
"Keunggulan akademik Dan budidaya intelek".  (Tanner Dan Tanner, 1980: 109)

113. Kurikulum Adalah "pernyataan tujuan" (McDonald; Popham), ADA Yang mengatakan bahwa Kurikulum adalahrencana Bagi guru untuk review mengembangkan Proses Pembelajaran ATAU Instruksi

(Saylor, Alexander, Dan Lewis, 1981)

114. Kurikulum Adalah Dokumen tertulis Yang berisikan BERBAGAI Komponen SEBAGAI Dasar Bagi guru untuk review mengembangkan Kurikulum guru (Zais, 1976: 10).

115. Kurikulum Adalah Rencana Yang mungkin terlaksana Saja TAPI JUGA mungkin
TIDAK sedangkan APA Yang Terjadi di sekolah / Kelas Adalah Sesuatu Yang
Benar-Benar Terjadi Yang mungkin berdasarkan Rencana tetapi mungkin JUGA
BERBEDA ATAU bahkan menyimpang Dari APA Yang direncanakan.

116. Definisi Yang Diposkan dikemukakan Unruh Dan Unruh (1984: 96)
pandangan mewakili Suami Dimana mereka menulis Kurikulum didefinisikan SEBAGAI Rencana
untuk review mencapai hasil temuan belajar dimaksudkan: Rencana berkaitan DENGAN tujuan, with
APA Yang Harus dipelajari, Dan DENGAN hasil temuan Instruksi.  Olivia (1997: 8).
bahwa mengatakan kitd mungkin Berpikir Dari Kurikulum SEBAGAI Program, Rencana,
Konten, Dan Pengalaman belajar, sedangkan kitd DAPAT mencirikan Instruksi SEBAGAI
Metode, Yang Mengajar tindakan, Pelaksanaan, Dan Presentasi.

117. Olivia (1997: 8) termasuk orangutan Yang Setuju DENGAN pemisahan ANTARA Kurikulum DENGAN PENGAJARAN Dan merumuskan Kurikulum SEBAGAI Rencana ATAU Program untuk Semua
mengalami bahwa Pertemuan Pelajar Di Bawah Arahan sekolah.
Lebih, lanjut besarbesaran mengatakan (Olivia, 1997: 9) Saya merasa bahwa SIKLUS memiliki
Banyak merekomendasikan untuk review.

118. Marsh (1997: 5) Kurikulum Yang menulis Adalah serangkaian saling Rencana Dan Pengalaman Yang Siswa melengkapi Bawah Bimbingan sekolah.

119. Schubert (1986: 6) DENGAN mengatakan penafsiran bahwa guru memberikan materi Pelajaran Dan suasana Kelas merupakan Kurikulum Yang Siswa Benar-Benar
Pengalaman.

120. Dool (1993: 57) memperkuat pendapatnya TENTANG Kurikulum Yang ADA
sekarang DENGAN mengatakan: Pendidikan dan Kurikulum Telah meminjam beberapa KONSEP Dari stabil, KONSEP nonechange - misalnya, Anak-anak mengikuti Pola mereka
tua orangutan, IQ SEBAGAI menemukan Dan mengukur Suatu Potensi bawaan.  Namun, untuk review
memucat Kurikulum Bagian modernis Pemikiran Telah mengadopsi versi Tertutup, Satu
di mana - melalui Fokus -. ditransmisikan Pengetahuan, ditransfer  Hal Suami, Saya
Percaya, sekolah APA kontemporer Terbaik Adalah semua tentang.  Bingkai Transmisi
Proses belajar-Mengajar Kami.

121. Jacobs (1999) Yang membahas Mengenai Kurikulum
di Afrika, Kurikulum diartikan Dari pandangan kependidikan Yang menempatkan ilmu ATAU Disiplin ilmu di perbedaan Segalanya (perennialism ATAU esensialisme pun).

122. Kurikulum Adalah materi Yang dikembangkan Dari Disiplin ilmu;  tujuan Adalah Bawah bawah penguasaan KONSEP, Teori, ATAU HAL Yang Berlangganan DENGAN Disiplin ilmu.

123. Definisi Kurikulum Diposkan Kelompok "Konservatif" (perenialism Dan esensialisme), Kelompok "romantisme" (naturalisme romantis), "eksistensialisme" mau pun "progressive" (experimentalism, Reconstructionism) Hanya memusatkan Perhatian PADA fungsi fungsi fungsi fungsi "transfer" Dari APA Yang Sudah . Terjadi Dan APA Yang sedang Terjadi  Seperti Diposkan dikemukakan McNeil (1977: 19):

124. Kurikulum Rancangan merupakan Dan Kegiatan Pendidikan Yang SECARA Maksimal mengembangkan Potensi Kemanusiaan Yang ADA PADA Diri Seseorang Baik SEBAGAI individu mau pun SEBAGAI ANGGOTA '' masyarakat untuk review Kehidupan Dirinya, '' masyarakat, Dan bangsanya di masa Mendatang.

125. Dalam pengertian "intrinsik" kependidikan Maka Kurikulum Adalah Jantung Pendidikan Artinya, SEMUA gerak Kehidupan kependidikan Yang dilakukan sekolah didasarkan PADA APA Yang Kurikulum direncanakan.

126. Kurikulum Adalah "Membangun" Yang dibangun ulasan untuk review Mentransfer APA Yang Sudah Terjadi di Masa Lalu Kepada Generasi berikutnya untuk review dilestarikan, diteruskan ATAU dikembangkan.

127. Kurikulum SEBAGAI jawaban ulasan untuk review menyelesaikan masalah sosial BERBAGAI Yang berkenaan DENGAN Pendidikan.

128. Kurikulum ulasan untuk review Membangun Kehidupan Masa Depan Dimana Kehidupan Masa Lalu, masa sekarang, Dan BERBAGAI Rencana Pengembangan dan Pembangunan bangsa dijadikan dasar dasar dasar dasar untuk review mengembangkan Kehidupan Masa Depan.

Sumber: http://adogaloe.blogspot.com/2009/02/pengertian-dan-landasan-kurikulum.html

129. Kurikulum Adalah Suatu teknik / Cara Yang hati digunakan penyampaian Seluruh materi isi SECARA terbuka urut, terstruktur Dan berkesinambungan SEBAGAI Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran.

130. B. Bara, Ch (2008), Kurikulum yakni bahwa KONSEP Kurikulum DAPAT diklasifikasikan hati KE empat dalam hearts JENIS pengertian Yang meliputi: (1) Kurikulum SEBAGAI Produk;  (2) Kurikulum Program SEBAGAI;  (3) Kurikulum SEBAGAI Hasil temuan Yang diinginkan : Dan (4) Kurikulum SEBAGAI Pengalaman belajar Bagi Peserta didik.

(Beane dkk 1986)

131. * * Menurut Hasan Kurikulum bersifat fleksibilitas mengandung doa posisi.  PADA posisi Pertama Berhubungan DENGAN fleksibilitas SEBAGAI Suatu Pemikiran kependidikan Bagi diklat.  Mencari Google Artikel demikian, PADA posisi teoritik Yang Harus hati dikembangkan Kurikulum SEBAGAI Rencana.  Pengertian kedua Yaitu SEBAGAI kaidah pengembang Kurikulum.  Terdapatnya posisi pengembang Suami KARENA adanya perubahan PADA Pemikiran kependidikan ATAU Pelatihan.  SH Hasan (1992)

132.Kurikulum SEBAGAI Rencana untuk review belajar, yakni Sesuatu Yang direncanakan untuk review dipelajari Diposkan Siswa.  SEMENTARA ITU, pandangan berbaring mengatakan bahwa Kurikulum SEBAGAI Dokumen tertulis Yang Memuat Rencana ulasan untuk review Peserta didik selama di sekolah
(Hilda Taba; 1962)

Sumber: http://dhammacitta.org/artikel/willy-yandi-wijaya/memahami-kurikulum-pendidikan-buddhis

133. Kurikulum mencakup pengertian Yang sempit, Yaitu: seperangkat mata Pelajaran (materi) Yang diajarkan PADA Lembaga Pendidikan.

134. Kurikulum Yaitu: Segala Metode, cara, ATAU Sistem Pembelajaran Yang PADA diterapkan Lembaga Pendidikan, termasuk materi ATAU mata Pelajaran Yang diajarkan Dan Tempat Pelaksanaan Pendidikan.

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!