Rencana Pembelajaran Atletik

WW | 22:25 |


Bagian penutup

Kegiatan Penutup
Alokasi waktu : 10 menit
Materi              : Pengenalan Lempar Cakram
Metode            : Komando
Materi pendidikan yang akan diberikan adalah sebagai berikut :

No
Gambar
Keterangan
1
Formasi
X
X            X
X            O          X
X                         X
X            X
X
    Ket :
  O – Guru
  X – Siswa

-          Untuk kegiatan pendinginan yang pertama adalah menggunakan sebuah permainan kecil untuk melatih konsentrasi. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat formasi lingkaran dengan cara siswa saling berpegangan tangan membentuk sebuah lingkaran. Setelah lingkaran terbentuk seluruh siswa menghadap ke dalam lingkaran.
-          Permainan ini menggunakan alat berupa bola tenis, dimana setiap siswa memegang 1 buah bola.
-          Peraturannya sederhana, ketika guru menyebutkan angka ganjil maka bola diputarkan searah jarum jam dengan cara memberikan pada teman disampingnya. Kemudian jika guru menyebutkan angka genap maka putaran berlawanan arah dengan jarum jam.
2
Formasi
O
X X X X X
X X X X X
    Ket :
  O – Guru
  X – Siswa
-          Setelah selesai melakukan permainan diatas seluruh siswa dibariskan rapi kemudian saling berhadapan berpasangan dua orang.




-          Gerakan yang pertama dilakukan adalah kaki dibuka lebar, badan agak membungkuk ke depan. Kedua tangan berada di bahu/pundak teman pasangannya. Lakukan dorongan ke bawah. Hitungan 1-8.
-          Selanjutnya kedua pasangan menghadap ke kanan, kedua tangan berpegangan dengan pasangan masing-masing. Satu kaki lurus dan kaki yang lainnya agak ditekuk. Lakukan tarikan. Hitungan 1-8. Setelah selesai kemudian balik arah kebalikannya.
-          Gerakan selanjutnya yaitu saling membelakangi, tangan siswa saling berkaitan. Salah satu siswa mengangkat/menggendong pasangannya sampai membungkuk. Hitungan 1-8. Setelah selesai kemudian bergantian dengan teman yang lain.
3
Formasi
O
X X X X X
X X X X X
     Ket :
  O – Guru
  X – Siswa

-          Yang terakhir pada kegiatan penutup adalah evaluasi. Siswa kembali dibariskan dengan rapi kemudian guru memberikan evalusai mengenai materi yang telah disampaikan.
-          Setelah selesai melakukan evaluasi guru mengakhiri proses pembelajaran dengan membaca doa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.


Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!