Rencana Pembelajaran Atletik
Bagian penutup
Kegiatan Penutup
Alokasi
waktu : 10 menit
Materi : Pengenalan Lempar Cakram
Metode : Komando
Materi
pendidikan yang akan diberikan adalah sebagai berikut :
No
|
Gambar
|
Keterangan
|
1
|
Formasi
X
X X
X O X
X X
X X
X
Ket :
O – Guru
X – Siswa
|
-
Untuk kegiatan pendinginan yang pertama adalah menggunakan sebuah
permainan kecil untuk melatih konsentrasi. Hal pertama yang harus dilakukan
adalah membuat formasi lingkaran dengan cara siswa saling berpegangan tangan
membentuk sebuah lingkaran. Setelah lingkaran terbentuk seluruh siswa
menghadap ke dalam lingkaran.
-
Permainan ini menggunakan alat berupa bola tenis, dimana setiap siswa
memegang 1 buah bola.
-
Peraturannya sederhana, ketika guru menyebutkan angka ganjil maka bola
diputarkan searah jarum jam dengan cara memberikan pada teman disampingnya.
Kemudian jika guru menyebutkan angka genap maka putaran berlawanan arah
dengan jarum jam.
|
2
|
Formasi
O
X X X X X
X X X X X
Ket :
O – Guru
X – Siswa
|
-
Setelah selesai melakukan permainan diatas seluruh siswa dibariskan rapi
kemudian saling berhadapan berpasangan dua orang.
-
Gerakan yang pertama dilakukan adalah kaki dibuka lebar, badan agak
membungkuk ke depan. Kedua tangan berada di bahu/pundak teman pasangannya.
Lakukan dorongan ke bawah. Hitungan 1-8.
-
Selanjutnya kedua pasangan menghadap ke kanan, kedua tangan berpegangan
dengan pasangan masing-masing. Satu kaki lurus dan kaki yang lainnya agak
ditekuk. Lakukan tarikan. Hitungan 1-8. Setelah selesai kemudian balik arah
kebalikannya.
-
Gerakan selanjutnya yaitu saling membelakangi, tangan siswa saling
berkaitan. Salah satu siswa mengangkat/menggendong pasangannya sampai
membungkuk. Hitungan 1-8. Setelah selesai kemudian bergantian dengan teman
yang lain.
|
3
|
Formasi
O
X X X X X
X X X X X
Ket :
O – Guru
X – Siswa
|
-
Yang terakhir pada kegiatan penutup adalah evaluasi. Siswa kembali
dibariskan dengan rapi kemudian guru memberikan evalusai mengenai materi yang
telah disampaikan.
-
Setelah selesai melakukan evaluasi guru mengakhiri proses pembelajaran
dengan membaca doa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
|
Category: teknologi pembelajaran