RPP Invasi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
MODIFIKASI PERMAINAN SEPAKBOLA
(Disusun guna memenuhi salah satu tugas
Pengajaran Permainan Invasi)
Dosen Pengampu :
PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2011
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : FIK UNY
MATA PELAJARAN : Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan
KELAS / SEMESTER : PJKR A / V
JUMLAH SISWA : 11 orang
STANDAR KOMPETENSI :
Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk
sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
KOMPETENSI
DASAR : Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan
dan olahraga beregu bola besar lanjutan
dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri,
keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
INDIKATOR :
·
Melakukan
passing jarak dekat menggunakan kaki bagian dalam
·
Mencari
ruang yang kosong untuk menerima passing
·
Mengontrol
bola menggunakan kaki bagian dalam
ALOKASI WAKTU : 30 menit
A. Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa dapat melakukan passing jarak dekat menggunakan kaki bagian dalam.
·
Siswa dapat menciptakan ruang untuk menyerang
·
Siswa dapat mengontrol bola menggunakan kaki
bagian dalam.
B.
Materi Pembelajaran
Permainan Sepakbola
·
Teknik mempassing bola menggunakan kaki bagian dalam.
·
Teknik mengontrol bola menggunakan kaki bagian dalam.
·
Bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi.
C.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Demonstrasi
3.
Penugasan
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Gambar
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Pendahuluan :
·
Berbaris
·
Berdoa
·
Presensi
·
Pemanasan
Siswa dibagi menjadi 2 kelompok, melakukan permainan
lempar tangkap bola menggunakan bola tangan. Bola tidak boleh dibawa berlari.
Saat melempar kedua kaki tidak boleh diangkat. Kelompok yang tidak menguasai
bola berusaha merebut bola, sedangkan kelompok yang menguasai bola berusaha
untuk mempertahankan bola. Dilakukan dalam lapangan yang sudah disediakan.
·
Penjelasan materi
|
Pendahuluan :
7 menit
|
Ket. : = guru
= siswa
Ket. : A = kelompok a
B = kelompok b
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Inti :
Permainan 1
Siswa
dibagi menjadi dua kelompok, bermain
sepakbola dengan peraturan sebagai berikut :
-
Area permainan
berbentuk persegi panjang.
-
Permainan
dimulai dari tengah lapangan.
-
Permainan dimulai
saat guru memberi aba-aba atau membunyikan peluit dan menyalakan timer /
stopwatch.
-
Permainan
tidak boleh menggunakan dribel.
-
Poin
diperoleh apabila bisa menghentikan bola diantara cone yang sudah disediakan.
Pertanyaan
Setelah siswa
melakukan permaian 1, selanjutnya siswa dikumpulkan untuk sesi tanya jawab
dengan pertanyaan sebagai berikut :
a. Apakah
ada kesulitan dalam mencetak poin?
Jika ada, apa saja?
b. Teknik
dan taktik apa yang bisa
digunakan agar dapat mencetak
poin?
c. Hal apa saja yang diperlukan agar dapat mencetak
poin?
Latihan
Latihan terfokus pada teknik passing dan
kontrol menggunakan kaki bagian dalam.
a. Latihan 1
-
Siswa berpasangan.
-
Melakukan
pasing bergantian sambil berlari.
-
Latihan
dilakukan memanjang.
b. Latihan 2
-
Siswa
membentuk kelompok 3 orang.
-
Melakukan
pasing bergantian
-
Siswa
yang selesai melakukan pasing berlari mengikuti arah bola dengan mencari
posisi disamping teman yang menerima pasing
-
Latihan
dilakukan memanjang
Permainan 2:
Permainan sama
dengan permainannya 1, tetapi hanya boleh menggunakan pasing dan kontrol
dengan kaki bagian dalam.
|
Permainan 1 :
5 menit
Pertanyaan :
3 menit
Latihan :
5 menit
Permainan 2 :
5 menit
|
Ket. : = cone
Ket. : = guru
= siswa
Ket. : = arah bola
= pergerakan
Ket. : = arah bola
= pergerakan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Penutup
·
Dibariskan
·
Evaluasi dan pendinginan
·
Berdoa
|
Penutup :
5 menit
|
Ket. : = guru
= siswa
|
E.
Sumber, Sarana dan Prasarana
1.
Sumber belajar :
·
Pengalaman guru
·
Buku teks dan internet
2.
Sarana dan Prasarana :
·
Bola sepak 2 buah
·
Rompi 5
·
Cone 4 buah
·
Peluit
·
Serbuk kapur
·
Tempat yang datar
F. Penilaian
Teknik dan Bentuk Penilaian:
a.
Tes Keterampilan ( Psikomotor )
b.
Tes Sikap ( Afektif )
c.
Tes Pengetahuan ( Kognitif )
a.
Lembar Penilaian Unjuk Kerja Aspek Psikomotor
Tes Keterampilan :
NO
|
NAMA SISWA
|
Passing
|
Kontrol
|
Positioning
|
Nilai
|
||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
dst
|
|||||||||||
Jumlah Skor Maksimal : 9
|
Jumlah skor
yang diperoleh
Penilaian :
______________________ X 100 %
Jumlah skor
maksimal
b. Lembar Penilaian Tes
Sikap ( Afektif )
Tes dilakukan pada saat proses
belajar mengajar berlangsung
NO
|
NAMA SISWA
|
Aspek Yang Dinilai
|
Nilai
|
||||||||
Kerja sama
|
Disiplin
|
Sportivitas
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
dst
|
|||||||||||
Jumlah Skor
Maksimal : 9
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian :
______________________ X 100 %
Jumlah
skor maksimal
c. Tes Pengetahuan
( Kognitif )
1. Teknik
apa saja yang diperlukan dalam permainan sepakbola?
2. Pada
saat menyerang, apa yang harus dilakukan untuk membantu teman yang sedang
membawa bola?
3. Apa
manfaat mengontrol bola sebelum melakukan passing?
Lembar Tes Pengetahuan (Kognitif)
NO
|
NAMA SISWA
|
Butir-
butir Pertanyaan
|
Nilai
|
||||||||
Soal no 1
|
Soal no 2
|
Soal no 3
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
dst
|
|||||||||||
Jumlah Skor Maksimal : 9
|
Jumlah skor yang
diperoleh
Penilaian :
______________________ X 100 %
Jumlah
skor maksimal
REKAPITULASI
PENILAIAN
NO
|
NAMA SISWA
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Ket
|
||
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
|||||
1
dst
|
|||||||
Rata- rata
|
Jumlah skor
yang diperoleh
Penilaian :
______________________ X 100 %
Skor Tiga
Aspek Penilaian
Keterangan :
Ø Mendapat nilai
istimewa,jika skor : 91
– 100%
Ø Mendapat
nilai sangat baik,jika skor : 81 – 90%
Ø Mendapat nilai baik,jika
skor : 70
– 80%
Ø Mendapat
nilai cukup,jika skor : 61 – 69%
Ø Mendapat
nilai kurang jika skor
:
kurang dari 60%
Category: teknologi pembelajaran