Pengertian Pendidikan
Pendidikan
Pendidikan
adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang
yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran,
pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang
lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak (belajar sendiri). Setiap
pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau
tindakan dapat dianggap pendidikan. Pendidikan umumnya dibagi menjadi beberapa tahap
seperti prasekolah (PAUD/TK), sekolah dasar, sekolah menengah dan kemudian
perguruan tinggi, universitas atau magang.
Filosofi pendidikan
Pendidikan
sudah dimulai ketika seorang bayi itu dilahirkan dan berlangsung seumur hidup. Namun
pendidikan saat ini bisa saja berawal dari sebelum bayi lahir seperti yang
dilakukan oleh banyak orang dengan memainkan musik dan membacakan bacaan kepada
bayi selama usia mengandung dengan harapan ia bisa mengajar bayi mereka sebelum
kelahiran.
Fungsi pendidikan
Menurut
Horton dan Hunt, lembaga pendidikan berkaitan dengan fungsi yang nyata
(manifes) berikut:
1. Mempersiapkan
anggota masyarakat untuk mencari nafkah.
2.
Mengembangkan bakat perseorangan demi
kepuasan pribadi dan bagi kepentingan masyarakat.
3.
Melestarikan kebudayaan.
4. Menanamkan
keterampilan yang perlu bagi partisipasi dalam demokrasi.
Fungsi
lain dari lembaga pendidikan adalah sebagai berikut.
1. Mengurangi
pengendalian orang tua. Melalui pendidikan, sekolah orang tua melimpahkan tugas
dan wewenangnya dalam mendidik anak kepada sekolah.
2.
Menyediakan sarana untuk pembangkangan.
Sekolah memiliki potensi untuk menanamkan nilai pembangkangan di masyarakat.
Hal ini tercermin dengan adanya perbedaan pandangan antara sekolah dan
masyarakat tentang sesuatu hal, misalnya pendidikan seks dan sikap terbuka.
3.
Mempertahankan sistem kelas sosial.
Pendidikan sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan kepada para anak didiknya
untuk menerima perbedaan prestise, privilese, dan status yang ada dalam
masyarakat. Sekolah juga diharapkan menjadi saluran mobilitas siswa ke status
sosial yang lebih tinggi atau paling tidak sesuai dengan status orang tuanya.
4. Memperpanjang
masa remaja. Pendidikan sekolah dapat pula memperlambat masa dewasa seseorang
karena siswa masih tergantung secara ekonomi pada orang tuanya.
Empat
macam fungsi pendidikan menurut David Popenoe
1. Transmisi
(pemindahan) kebudayaan.
2. Memilih
dan mengajarkan peranan sosial.
3. Menjamin
integrasi sosial.
4. Sekolah
mengajarkan corak kepribadian.
5. Sumber
inovasi sosial.
Category: pendidikan